Minum Kopi dapat Cegah Covid-19, Benarkah?

  • by

“Ayo makan yang banyak, supaya imunnya bagus!”

Siapa yang sering dengar kata-kata sakti tersebut selama masa pandemi ini?

Well, memang betul kalau makanan (dan istirahat tentunya) bisa membantu membangun kekebalan tubuh kita. Tapi, tentunya kita juga tidak boleh sembarangan makan banyak. Gizi dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap makanan kita juga perlu kita perhatikan. 

Baru-baru ini, sebuah studi dari Northwestern University yang menggunakan data populasi penduduk Inggris menemukan pengaruh dari nutrisi terhadap kekebalan tubuh dalam melawan COVID-19. Penelitian ini menemukan bahwa konsumsi daging olahan (misalnya: korned, daging asap, sosis) ternyata punya dampak yang kurang bagus. Orang-orang yang mengonsumsi daging olahan mengalami peningkatan risiko untuk terkena COVID-19.

Hmm, kalau makan daging olahan tidak baik, lantas apa saja ya yang harusnya kita konsumsi?

  1. Sayur-sayuran dan buah

Sayur dan buah memang juara deh kalau soal nutrisi. Sayur dan buah adalah sumber vitamin, folat, serat, dan senyawa fitokimia. Zat-zat ini memiliki khasiat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus, sehingga dapat memperkuat kekebalan tubuh kita. Bahkan, ditemukan juga bahwa negara-negara yang banyak mengonsumsi sayuran fermentasi memiliki tingkat kematian akibat COVID-19 yang lebih rendah. Penggemar acar dan kimchi, mana suaranyaaa?

  • ASI

Kabar baik juga buat para ibu pejuang ASI: ASI ternyata dapat menurunkan risiko bayi terkena COVID-19! Konsumsi ASI memang sejak dulu terbukti sebagai faktor yang berdampak baik terhadap pembentukan kekebalan tubuh pada bayi, bahkan hingga bayi tersebut tumbuh dewasa. Bayi yang mengonsumsi ASI memiliki risiko yang lebih rendah untuk mendapat alergi, influenza, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

  • Kopi

Yes! Kopi bukan hanya sumber kafein, tapi juga mengandung senyawa lain yang dapat membantu membentuk kekebalan tubuh, salah satunya adalah polyphenol. Karena kandungan kafein dan polyphenol ini, kopi pun mengandung manfaat antioksidan dan antiinflamasi. Konsumsi kopi berkaitan dengan penurunan faktor-faktor risiko yang bisa meningkatkan keparahan dan kematian akibat COVID-19. Konsumsi satu gelas atau lebih per hari berkaitan dengan penurunan risiko terdampak COVID-19 hingga 10%.

Kopi memang bermanfaat, tapi tetap hati-hati dalam memilih kopi yang akan kamu konsumsi ya, #TemanKalaSenja. Kita tentu ingin mendapatkan manfaat terbaik dari kafein yang terkandung di dalam kopi, tapi tidak semua jenis minuman kopi itu baik, lho. Kopi instan atau kopi sachet biasanya mengandung lebih banyak pemanis buatan, krimer, atau zat-zat aditif lainnya dibandingkan kopi itu sendiri.

Sebaiknya, pilihlah minuman kopi hitam yang dibuat dari gilingan biji kopi segar. Kamu bisa meraciknya sendiri di rumah, atau memesannya dari coffee shop lokal favoritmu. Antara Americano, Long Black, atau manual brew, kamu lebih suka yang mana nih, #TemanKalaSenja?

Ngidam Americano, Long Black, atau minuman kopi lainnyatapi tidak punya alat seduh kopi? Pesan dari Kalasenja terdekat via Grabfood, ShopeeFood, atau Gofood saja! Banyak kode promonya juga, lho. Langsung cek di aplikasimu, ya.

Atau KLIK langsung disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *